Tahukah Anda Bagaimana Pesawat Udara Melakukan Manuver ?

Tahukah Anda Bagaimana Pesawat Udara Melakukan Manuver ?Aircraft Control surface


Anda Mungkin Bertanya-Tanya “Bagaimana Ya Pesawat Udara Bisa Belok Ke Kiri Atau Ke kanan ?”, Maka Untuk Dapat Menjawabnya Kita Akan Membicarakan Tentang Control Surface Pesawat Udara.
Apa Sih “Control Surface” itu ?

Control Surface Adalah Bagian Dari Pesawat Udara, Yakni Yang Berada Di Wings, Horizontal Stabilizer (Suatu Bagian Yang Berbentuk Seperti Sayap Pesawat Udara Dengan Ukuran Yang Jauh Lebih Kecil Yang Berada Di Tail Section / Bagian Ekor Pesawat Yang Terdapat Di Sisi Kanan Dan Sisi Kiri), Dan Vertical Stabilizer (Suatu Bagian Yang Berbentuk Seperti Sayap Pesawat Udara Dengan Ukuran Yang Jauh Lebih Kecil Yang Berada Di Tail Section / Bagian Ekor Pesawat, Tetapi Posisinya Vertikal) Pesawat Udara.

Control Surface Berguna Agar Pesawat Udara Dapat Melakukan Gerakan Aerobatik, Yakni Naik Turun Pesawat Udara (Yang Disebut “Pitching”), Miring Kanan Dan Kiri Pesawat Udara (Yang Disebut “Rolling”), Dan Belok Kanan Kiri Pesawat Udara (Yang Disebut “Yawing”) Selama Penerbangan.

Untuk Melakukan Gerakan Naik Turun, Maka Pesawat Udara Menggunakan Control Surface Yang Bernama “Elevator”. Elevator Terletak Di Horizontal Stabilizer, Artinya Terdapat 2 Buah Elevator (Di Kanan Dan Di Kiri).Untuk Melakukan Gerakan Miring Kanan Kiri, Maka Pesawat Udara Menggunakan Control Surface Yang Bernama “Aileron”. Aileron Terletak Di Wings Pesawat Udara, Artinya Terdapat 2 Buah Aileron (Di Kiri Dan Di Kanan).Untuk Melakukan Gerakan Belok Kanan Kiri, Pesawat Udara Menggunakan Control Surface Yang Bernama “Rudder”. Rudder Terletak Di Vertikal Stabilizer Dan Hanya Terdapat Satu Di Tengah.Nah, Sekarang Sudah Tahukan Apa Itu Control Surface…..OK Kalau Begitu Sampai Jumpa Di Penjelasan-Penjelasan Lainnya !!!

No comments:

Post a Comment

Aviation World © 2011 Designed by:
Flight Four