Apakah Mungkin Pesawat Udara Dapat Tersambar Petir ?

APAKAH PESAWAT UDARA DAPAT TERSAMBAR PETIR ?
Ok, Untuk Artikel Kali Ini Saya Mau Mengangkat Topik Mengenai “Apakah Mungkin Pesawat Udara Dapat Tersambar Oleh Petir ?”, Karena Seperti Kita Ketahui Bahwa Petir Sebenarnya Dapat Menyambar Apapun Juga, Apakah Itu Benda Atau Makhluk Hidup. Mobil Apabila Tersambar Petir Maka Mobil Tersebut Akan Terbakar Adalah Salah Satu Contohnya, Lalu Bagaimanakah Dengan Pesawat Udara Terlebih Dimana Seperti Kita Ketahui Bahwa Semakin Tinggi Keberadaan Suatu Benda Sampai Ketinggian Tertentu, Maka Akan Semakin Besar Pula Peluang Untuk Tersambar Petir.
Pesawat Udara Merpakan Alat Transportasi Paling Aman Dan Paling Canggih Diantara Moda Transportasi Lainnya. Tentunya Para Peranimbangkan Dan Menelicang Pesawat Udara Sudah Mempertimbangkan Dan Meneliti Faktor Petir Tersebut. Setiap Pesawat Udara Selalu Dilengkapi Dengan Alat Yang Dinamakan “Static Discharge”. Static Discharge Berfungsi Untuk Menetralisir Aliran Listrik Yang Ada Pada Pesawat Udara, Contoh Bila Terdapat Kelebihan Tegangan Listrik Baik Dari Dalam Maupun Dari Luar Pesawat Udara Secara Otomatis Melalui Static Discharge.
Static Discharge Biasanya Terpasang Di Setiap Wins Pesawata Udara Di Bagian Wing Tip. Namun Demikian, Walaupun Pesawat Udara Sudah Dirancang Untuk Dapat Bertahan Terhadap Sambaran Petir, Tetapi Sampai Kapanpun Juga Buatan Manusia Itu Tidak Dapat Mengalahkan Kekuatan Alam. Aliran Listrik Dari Petir Bisa Memiliki Tegangan Listrik Yang Tidak Diketahui Secara Pasti Besarnya, Akan Tetapi Sifatnya Masih Jarang Pesawat Udara Mengalami Kecelakaan Karena Tersambar Petir. Untuk Pesawat Komersial Yang Dengan Kemampuan Terbangnya Yang Dapat Terbang Tinggi Jauh Melebihi Awan Tentu Akan Lebih Safe, Karena Kondisi Cuaca Ekstrim Terjadi Di Low Altitude (Ketinggian Rendah).
Jadi, Walaupun Kemungkinan Tersebut Masih Ada, Para Pengguna Transportasi Udara Tidak Perlu Terlalu Khawatir, Karena Pilot Pun Akan Menghindari Ruang Udara Yang Sedang Mengalami Kondisi Yang Tidak Diinginkan Berkat Adanya Radar Pesawat Udara Dan Komunikasi Ground To Air Dan Air To Ground Yang Dilakukan Selama Penerbangan.

No comments:

Post a Comment

Aviation World © 2011 Designed by:
Flight Four