Aircraft Turbulence

AIRCRAFT TURBULENCE
Streamline Laminer



OK Untuk Kesempatan Yang Kali Ini Saya Ingin Menjelaskan Mengenai “Aircraft Turbulence”. Sebenarnya Apa Sih “Aircraft Turbulence” Itu ?
Ilmuwan Atmosfer Mendefinisikan "Turbulence / Turbulensi" Sebagai Suatu Keadaan Aliran Udara Dimana Kecepatan Sesaat Menunjukkan Fluktuasi Yang Tidak Teratur Dan Tampaknya Acak (Tidak Beraturan). Dalam Dunia Penerbangan Sendiri “Turbulence” Dapat Diartikan Sebagai Aliran Udara Yang Bergelombang Dan Tidak Beraturan Dimana Pesawat Udara Seharusnya Terbang Pada Aliran Udara Yang Lurus Dan Teratur Atau Disebut Dengan “Streamline Laminer”, Sehingga “Aircraft Turbulence” Dapat Didefiniskan Sebagai Suatu Kondisi Dimana Aliran Udara Pada Sekeliling Pesawat Udara Tidak “Streamline Laminer”, Yakni Tidak Lurus Melainkan Bergelombang Dan Tidak Teratur Sebagai Akibat Dari Pesawat Udara Yang Terbang Memasuki Ruang Udara Yang Sedang Terjadi Turbulensi.
Siapa Pun Yang Sering Melakukan Perjalanan Sudah Hampir Pasti Memiliki Setidaknya Satu Pengalaman Perjalanan Bergelombang Dimana Pesawat Terasa Seperti Sebuah Mobil Berjalan Di Jalan Yang Kasar Atau Berkerikil Dan Itulah "Turbulensi"
Turbulensi Bisa Goyang Setiap Pesawat, Tidak Peduli Seberapa Besar Dan Tidak Peduli Pentingnya Penumpang, Seperti Yang Dialami Oleh Pesawat Air Force One Pada Tanggal 12 Juni 1996. Boeing 747 Yang Dinaiki Oleh Presiden Amerika Saat Itu Bill Clinton ketika itu menghantam turbulensi yang melukai seorang penumpang Di Sekitar 30 Mil Barat Lubbock, Texas Pada Ketinggian 33.000 Kaki.
Tanda-Tanda Turbulensi :
Turbulensi Adalah Golakan Udara Yang Umumnya Tidak Dapat Dilihat. Hal Ini Dapat Terjadi Apabila Langit Cerah Dan Secara Tiba-Tiba Tanpa Diprediksi Sebelumnya
Berikut Ini Saya Adalah Jenis-Jenis Turbulensi :
* Suhu : Pemanasan Dari Matahari Menyebabkan Masa Udara Panas Naik Dan Sebaliknya Masa Udara Dingin Turun. Turbulensi Jenis Ini Sering Disebut "Turbulensi Thermis"
* Jet Stream : Pergerakan Arus Udara Yang Sangat Cepat Pada Level Ketinggian Yang Tinggi, Dan Mempengaruhi Udara Di Sekitarnya
* Pegunungan : Massa Udara Yang Melewati Pegunungan Dan Mengakibatkan Turbulensi Pada Saat Pesawat Terbang Di Atasnya. Turbulensi Jenis Ini Sering Disebut "Turbulensi Mekanis"
* Wake Turbulence : Turbulensi Yang Terjadi Dekat Dengan Permukaan
Yang Dilewati Pesawat Atau Helikopter.

Nah, Sekarang Sudah Tahukan, OK Kalau Begitu Sampai Jumpa Di Penjelasan-Penjelasan Lainnya !!!

No comments:

Post a Comment

Aviation World © 2011 Designed by:
Flight Four