Air Pressurization Cabin

AIR PRESSURIZATION CABIN
B787 Cabin


“Air Pressurization Cabin” secara sederhana dapat diartikan “Kabin Pesawat Udara Yang Memiliki Tekanan Udara Di Dalamnya”. Mungkin Anda Bertanya-Tanya, Mengapa Demikian ?
Anda Tentunya Sudah Tahu Bahwa Kita Hidup Dikelilingi Oleh Udara Yang Bergerak (Para Ahli Sepakat Besaran Tekanan Udara Pada Ruangan Tertutup Sebesar 1 ATM Atau Sama Dengan 14,7 PSI), Namun Yang Perlu Anda Tahu Adalah Bahwa Tekanan Udara Yang Ada Itu Tidaklah Sama Di Setiap Ketinggiannya Sebagai Contoh Orang Yang Pernah Naik Ke Puncak Suatu Gunung Pasti Pernah Merasakan Bagian Dalam Telinganya Seperti Ada Yang Menekan. Hal Itu Dikarenakan Telinga Mereka Tidaklah Lagi Menerima Tekanan Udara Sebesar 14,7 PSI (PSI = Pound Square Per Inch) Seperti Ketika Mereka Berada Di Permukaan, Oleh Karenanya Mereka Biasanya Menggunakan Penutup Telinga Untuk Mengantisipasi Tekanan Yang Lebih Besar Tersebut Agar Tidak Melukai Telinga Mereka.
Anda Bisa Memperkirakan Apa Yang Terjadi Apabila Tekanan Udara Dalam Kabin Pesawat Udara Hanya Sebesar Katakanlah Hanya 14,7 PSI (Dengan Asumsi Disamakan Di Sea Level Dikarenakan Cabin Merupakan Ruangan Tertutup) Sementara Di Luar Pesawat Udara Pesawat Harus Menerima Tekanan Udara Yang Jauh Lebih Besar, Maka Bentuk Pesawat Udara Yang Tadinya Katakanlah Berbentuk Tabung Akan Berubah Menjadi Bentuk Yang Tidak Berbentuk Dikarenakan Tekanan Udara Yang Menekannya.
Untuk Mengantisipasi Hal Tersebut, Maka Dibuatlah “Air Pressurizatin Cabin”, Sehingga Tekanan Udara Di Dalam Kabin Pesawat Udara Menjadi Lebih Besar Dibanding Tekanan Udara Di Luar Pesawat Udara Dan Pesawat Udara Pun Dapat Mempertahankan Bentuknya. Namun Demikian, Tidak Semua Pesawat Udara Dilengkapi Dengan “Air Pressurization Cabin”. Pesawat Udara Yang Tidak Memilikinya, Maka Pesawat Tersebut Tidak Boleh Terbang Di Atas Lebih Dari Ketinggian 10.000 Feets, Karena Hanya Pesawat-Pesawat Udara Yang Memiliki “Air Pressurization Cabin” Saja Yang Diperbolehkan Agar Terhindar Dari Tekanan Udara Tersebut.
Oleh Karena Itulah, Sangat Berbahaya Apabila Pesawat Udara Dalam Kondisi kabin bertekanan udara tiba-tiba mengalami masalah, seprti pintu yang terbuka, maka akan mengakibatkan apapun yang ada di dalam pesawat udara dihempaskan keluar pesawat udara oleh udara yang ada di dalam pesawat udara sampai tekanan udara di dalam dan di luar pesawat udara sudah sama, karena udara bersifat bergerak ke daerah yang masih memiliki ruang (ruang yang tekanan udaranya lebih kecil).
Nah, Sekarang Sudah Tahukan, OK Kalau Begitu Sampai Jumpa Di Penjelasan-Penjelasan Lainnya !!!

No comments:

Post a Comment

Aviation World © 2011 Designed by:
Flight Four