Landing Gear Yang Mana Sih Yang Pertama Kali Touchdown ?

LANDING GEAR YANG MANA SIH YANG PERTAMA KALI TOUCHDOWN ?
Jika Anda Sering Menggunakan Jasa Transportasi Udara, Mungkin Anda Sering Melihat Pesawat Udara Saat Melakukan Pendaratan Dan Mungkin Anda Mengira Dan Banyak Yang Mengatakan Pasti Roda Belakang Terlebih Dahulu Yang Melakukan “Touch Down”.

Apakah Benar Seperti Itu ?

Sebenarnya Landing Gear Terdiri Dari 2 Bagian Landing Gear, Yakni :
1. Main Landing Gear
2. Nose / Tail Landing Gear

Setiap Pesawat Udara Yang Menggunakan Landing Gear Akan Selalu Memiliki “Main Landing Gear”. Main Landing Gear Adalah Roda Pendaratan Utama Yang Letaknya Di Area Sekitar Center Of Gravity (CG) Atau Bisa Kita Sebut Titik Berat Pesawat Udara (Di Bagioan Bawah Fuselage Yang Sejajar Dengan Sayap) Yang Mana Akan Selalu Kontras Memiliki Roda Yang Lebih Besar Ataupun Lebih Banyak Jumlahnya Daripada Nose Landing Gear Ataupun Tail Landing Gear Dikarenakan Menjadi Tumpuan Utama Beban Pesawat Udara, Baik Pada Saat Mendarat Maupun Pada Saat Di Darat.

Sedangkan Roda Yang Lainnya, Yakni Nose Landing Gear / Tail Landing Gear Merupakan Landing Gear Yang Bukan Merupakan Main Landing Gear Yang Letaknya Berada Di Bagian Hidung Pesawat Udara (Untuk Nose Landing Gear) Atau Di Bagian Ekor Pesawat Udara (Untuk Tail Landing Gear) Yang Merupakan Landing Gear Yang Bersifat Sebagai Penyeimbang Sikap Pesawat Saat Di Darat Dan Untuk Mengendalikan Pergerakan Pesawat Udara Ketika Di Darat. Suatu Pesawat Udara Memiliki Nose Landing Gear Atau Tail Landing Gear Tergantung Pada Model Landing Gear Jenis Roda Yang Digunakan, Apabila “Tri Cycle Landing Gear”, Maka Pesawat Tersebut Memliki Nose Landing Gear Dan Sebaliknya.


Jadi Jawabannya Adalah Sebenarnya Tidak Ada Itu Penyebutan Roda Belakang Atau Roda Depan Yang Benar Adalah Main Landing Gear Dan Nose Landing Gear Atau Tail Landing Gear Dan Yang Pertama Kali Touch Down Adalah Main Landing Gear Dan Main Landing Gear Bisa Saja Terlihat Menjadi Berada Di Depan Apabila Pesawat Udara Tersebut Jenis Yang Memiliki Tail Landing Gear Contoh Pada Pesawat Udara Kecil Atau Pada Pesawat-Pesawat Udara Model Lama Seperti DC-3 Dakota.
Nah, Sekarang Sudah Tahukan …..OK Kalau Begitu Sampai Jumpa Di Penjelasan-Penjelasan Lainnya !!!

No comments:

Post a Comment

Aviation World © 2011 Designed by:
Flight Four