Mengenal Lapisan-Lapisan Udara Dalam Pembagian Atmosfir

MENGENAL LAPISAN-LAPISAN UDARA DALAM PEMBAGIAN ATMOSFIR
Nah Kali Ini Saya Akan Menjelaskan Sedikit Tentang Lapisan Udara, Karena Bagaimanapun Juga Masih Ada Kaitannya Dengan Pesawat Udara.
Sebenarnya Seluruh Permukaan Bumi Kita Baik Yang Barebesar 78% Dan Gas-Gas Lainnya Sebesar 1%) Adalah Yang Secara Keseluruhannya Disebut Dengan “Atmosfir”.
Dikarenakan Adanya Sifat-Sifat Perubahan Pada Setiap Ketinggian, Maka Diadakan Pembagian Atmosfir Dalam Beberapa Lapisan, Yakni :

1. Lapisan Troposfir
2. Lapisan Stratosfir
3. Lapisan Lonosfir
4. Lapisan Eksosfir
Penjelasan :
1. Lapisan Troposfir Merupakan Lapisan Yang Paling Dekat Dengan Permukaan Bumi Dan Terdapat Sampai Ketinggian 10-12 Km Di Atas Permukaan Air Laut, Artinya Dari 0 Sampai Dengan 10-12 Km Adalah Lapisan Troposfir (Diantara Permukaan Bumi Dan Lapisan Troposfir Terdapat Permukaan Laut). Pada Lapisan Ini Setiap Kenaikan 300 Meter (100 Feet) Akan Mengakibatkan Penurunan Suhu Sebesar 2oC. Pada Lapisan Ini Pula Merupakan Lapisan Yang Masih Paling Banyak Dipakai Untuk Aktifitas Penerbangan.
2. Lapisan Stratosfir Merupakan Lapisan Yang Terletak Di Atas Lapisan Troposfir, Yakni Pada Ketinggian + 12 Km Sampai Dengan 80 Km (Diantara Lapisan Troposfir Dan Lapisan Stratosfir Terdapat Daerah Yang Disebut “Tropopause”). Keadaan Dalam Lapisan Stratosfir Ini Jauh Lebih Stabil Daripada Lapisan Troposfir, Temperaturnya Praktis Konstan Dan Berkisar Kira-Kira -55oC.
3. Lapisan Lonosfir Merupakan Lapisan Yang Terletak Di Atas Lapisan Stratosfir, Yakni Pada Ketinggian 80 Km Sampai Dengan + 1000 Km (Diantara Lapisan Startosfir Dan Lapisan Lonosfir Terdapat Daerah Yang Disebut “Stratopause”.
4. Lapisan Eksosfir Merupakan Lapisan Teratas, Yakni Lapisan Setelah Lapisan Lonosfir Yang Berada Pada Ketinggian Mulai Dari 1000 Km Sampai Dengan Tidak Terbatas Hingga Menjadi Ruang Vakum Kosmos.
Nah, Sekarang Sudah Tahukan Lapisan-Lapisan Atmosfir…..OK Kalau Begitu Sampai Jumpa Di Penjelasan-Penjelasan Lainnya !!!

No comments:

Post a Comment

Aviation World © 2011 Designed by:
Flight Four